Manfaat Internet Dalam Pengembangan Masyarakat

Oleh: Slamet Riyanto
Kepala Sistem Informasi HU Republika - Jakarta)

Pendahuluan
Internet merupakan satu jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dalam satu daerah maupun antar negara, yang dapat menjangkau jutaan orang diseluruh dunia.

Tujuan awal pembangunan internet adalah untuk kepentingan para peneliti di Amerika, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dalam rangka pertukaran data dan informasi, namun saat ini Internet telah berkembang menjadi sarana komunikasi yang sangat cepat dan efektif sehingga telah menyimpang dari misi awalnya.

Bahkan saat ini Internet telah bekembang menjadi alat informasi dan komunikasi yang tak dapat Anda abaikan.Internet merupakan dunia Cyber yang secara terus menerus berkembang, dihuni oleh berbagai manusia dari berbagai penjuru dunia, mereka saling berkomunikasi dengan zone waktu yang berbeda namun tak pernah bertatap muka, dan tersedia selama 24 jam secara terus menerus.

Dahulu populasi internet sebagian besar adalah para peneliti dan pendidik, namun saat ini sudah banyak layanan yang tersedia, bahkan banyak penyimpangan dari misi awal terbentuknya internet.Informasi yang tercakup di dunia internet juga amat banyak, apabila kita tidak bisa mengetahui alamatnya, juga tersedia mesin pencari informasi yang disiapkan oleh beberapa penyelenggara seperti www.yahoo.com, www.altavista.com , www.google.com , www.naver.co.id, dll.Dengan adanya internet semua urusan jual beli, konsultasi, komunikasi, transfer uang, belajar mengajar laksana ada dirumah sendiri, komputer seperti gerbang menuju dunia luar.

Dunia bagaikan desa kecil yang sarat dengan teknologi, maka muncullah berbagai istilah dalam dunia internet seperti e-commerce, e-government, e-education, e-entertainment, dan lain-lain. Ini semua merupakan manfaat dari penggunaan teknologi informasi. Asal Mula InternetTeknologi Internet bermula pada tahun 1969 di Amerika, ketika itu sebuah proyek pada Kementerian Pertahanan Amerika Serikat yang bernama ARPANET. Ketika itu muncul gagasan, bagaimana agar antar peneliti dapat saling bertukar data dan informasi melalui satu jaringan komputer.

Keberhasilan proyek ini dikembangkan secara terus menerus dan akhirnya meluas dan penggunanyapun tidak hanya kalangan militer dan peneliti di Amerika, namun sudah melibatkan semua orang bahkan dari berbagai penjuru dunia.Informasi yang Tersedia di InternetBanyak informasi penting yang dapat diambil dari internet, mulai dari arsip gratis, katalog perpustakaan, layanan pemerintah, bahkan pangkalan data. Kecanggihan pesawat telepon yang dapat menerobos birokrasi masih dapat dikalahkan oleh internet, kita dapat menerobos semua hal birokrasi yang dapat menghalangi, untuk menuju sumber informasi. Untuk transfer uang di bank, tidak perlu lagi datang ke Bank atau ATM, untuk ikut serta dalam diskusi, tidak perlu saling janjian untuk bertemu, bahkan untuk ngobrol sesama netter dari berbagai belahan dunia dapat dilakukan kapanpun secara online. Banyaknya informasi tersebut memacu kita harus dapat menyaring informasi yang terbaik; semuanya terserah pada Anda untuk menyusun dan menganalisis apa yang tersedia, dan kemudian Andalah yang harus mengambil keputusan.

Apa yang harus diperlukan untuk bergabung dengan dunia Maya

Komputer

Setiap mesin yang mampu menerima data, memproses data, menyimpan data, dan menghasilkan bentuk keluaran berupa teks, gambar, simbol, angka dan atau suara dapat dikategorikan sebagai komputer.

Dalam pengoperasian, bentuk, sistem dan fungsinya komputer dapat dibagi menjadi dua(2) bagian yaitu hardware dan software.

* Hardware

Adalah perangkat keras komputer yang akan berfungsi sebagai interface dan pengolah data, pada umumnya hardware terdiri dari CPU (Central Processing Unit), Monitor sebagai alat display, keyboard, mouse, dan sejenisnya sebagai alat input data.

* Software

Adalah perangkat lunak atau merupakan satu kumpulan instruksi yang disusun secara sistematis sehingga menjadi suatu alur yang teratur.

* Brain ware

Disamping kedua komponen tersebut diatas ada satu hal lagi yang paling penting adalah Brainware yaitu pelaku atau orang yang menggunakan komputer tersebut. Komputer adalah alat yang tidak dapat berfikir namun dapat mempercepat proses untuk menghitung dan menganalisa data. Apa yang dihasilkan computer tergantung input yang diberikan oleh manusia.

Saluran Telepon atau jalur komunikasi

Saluran telepon berfungsi untuk menghubungkan computer dengan jalur komunikasi internet. Jalur telepon hanya berfungsi sebagai jalan sarana atau jalan raya, sedangkan pialang yang akan mengarahkan ke penyedia informasi

Modem

Adalah alat untuk mengubah teknologi analog menjadi digital yang disalurkan melalui kabel telepon

ISP (Internet Service Provider)

Adalah lembaga sebagai fasilitator penghubung computer Anda dengan dunia internet. Melalui jasa ISP computer Anda langsung dapat melanglang buana tanpa ada batasan waktu dan tempat.Internet Untuk Pengembangan MasyarakatSebagaimana telah diterangkan diatas, banyak sekali manfaat internet, bahkan saat ini hampir semua kegiatan manusia selalu dikaitkan dengan internet.

1. Untuk Kepentingan Usaha (Business)

Penggunaan Web Site dalam perusahaan akan mengantarkan perusahaan tersebut dalam pasar internasional.

Demikian juga jika sekolah telah menggunakan web site, berarti sekolah tersebut telah ikut berkompetisi dalam pasar global. Dalam internet sering dijumpai istilah B2B dan B2CB2BAdalah satu istilah yang sering digunakan dalam internet yang biasanya digunakan dalam trading partnet, mereka saling bertukar informasi dalam jangka waktu yang lama dan berulang-ulang untuk kepentingan business, dan saling percaya.Sampai saat ini dinegera-negara berkembang, B2B jauh lebih berkembang dibanding B2C, hal ini disebabkan ketersediaan teknologi untuk masyarakat masih jauh dari memadai. Namun dalam beberapa tahun kemudian B2C akan segera menyusul, jika kita melihat perkembangan penyebaran Hardware dan teknologi informasi saat ini.B2CIstilah ini biasa digunakan dalam perdagagangan umum, produsen menawarkan jasa atau produk dan konsumen akan mengenali dan memanfaatkan produk tersebut.

Atau konsumen berinisiatif dan produsen siap merespon keperluan konsumen.Didunia software, saat ini internet sudah menjadi satu alat transportasi produk dan jasa software yang sangat penting. Sepuluh tahun silam jika kita memesan buku di Amerika, kita mesti menunggu sampai satu bulan paling cepat, namun dengan perkembangan internet kita dapat menikmati e-book, bahkan software hanya dalam hitungan menit.Dalam perdagangan umum, kegiatan marketing seperti penawaran, negosiasi, bahkan kontrak tidak pernah lepas dari alat Bantu e-mail.Sulit dielakkan bahwa penggunaan dan penyebaran teknologi untuk semua jajaran baik didalam maupun diluar yang terkait dalam sebuah lembaga akan meningkatkan business performance demikian juga dalam dunia pendidikan. Jika kita mencoba search melalui web google.com dengan kata kunci high school, maka tidak kurang dari 10,900,000 data yang ditemukan.

Bahkan jika dengan kata kunci University akan ditemukan 96,300,000 data. Data data tersebut menunjukkan betapa banyaknya informasi yang bisa kita gali di dunia cyber.Ada satu paradikma baru, semakin tinggi orientasi informasi sebuah lembaga atau perusahaan akan semakin tinggi juga performance dan meningkatkan produktifitas.

Karakteristik perusahaan yang orientasi informasinya rendah

* Masyarakat tidah cukup tahu tentang produk, layanan dan antisipasi kebutuhan mereka.
* Usaha untuk melayani customer terhambat karena tidak ada saling pertukaran informasi
* Tidak dapat secara cepat mengganti setiap produk karena kurangnya informasi
* Beberapa keputusan hanya didasarkan pada filing, bukan pada data

Sedangkan perusahaan yang orientasi informasinya tinggi adalah


* Informasi mudah diakses baik dalam skala horizontal maupun vertical
* Pengendalian informasi sangat cukup untuk kepentingan organisasi, maintenance
* Teknologi informasi menampilkan secara integral untuk organasasi dan bisnis, tidak hanya sekedar sebagai fungsi support
* Setiap keputusan selalu didasarkan pada data

Hasil temuan survey dari Salistrom Consulting3 yang melibatkan 27 negara termasuk Indonesia, Malaysia, India, China, Singapura, Thailan dan Philippines menunjukkan bahwa:

* Negara dengan pertumbuhan TI yang cepat memiliki pertumbuhan ekonomi yang cepat pula
* Sektor TI tumbuh melalui pengeluaran di bidang software dan layanan TI
* Pertumbuhan industri software local akan mendorong tidak hanya pasar TI tapi juga pertumbuhan ekonomi yang lebih baik

E-Book
E-book adalah buku yang dibuat secara digital, sehingga untuk membacanya memerlukan satu peralatan khusus yaitu computer atau sejenisnya. Sebagaimana buku konvensional, struktur e-book juga sama ada halaman judul, catalog penerbit, data penerbitan, daftar isi, dan isi buku, dan index. Sampai saat ini, keberadaan e-book belum menggoyahkan buku konvensional, karena keduanya saling memiliki kelebihan dan sekaligus kelemahan.

Bursa Saham dan Nilai Tukar Uang
Saat ini kita dapat mengikuti perkembangan bursa saham nasional, regional, maupun internasional hanya dalam hitungan detik. Berbagai pialang saham raksasa dunia telah memampangkan segala aktifitasnya melalui web site. Bahkan kita dapat jual beli saham melalui internet.Tidak hanya itu, untuk mengetahui nilai tukar mata uang, kita dapat memantau nilai tukar rupiah dengan berbagai mata uang secara online, bahkan nilai tukar uang berbagai Negara juga dapat dipantau secara online.

1. Internet untuk Pendidikan

E-Library (Perpustakaan Maya) dan e-education

Electronic Library atau sering disebut dengan perpustakaan elektronik, kini sudah menjadi bagian dari sebuah lembaga pendidikan, apalagi dengan perkembangan e-book (buku elektronik) yang kini sudah menjamur di kalangan para pecandu internet. Kehadiran e-library menjadi bagian yang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena tidak ada satu pun perpustakaan di dunia yang mampu menghimpun sekaligus menyimpan semua bahan pustaka tercetak yang terbit di bawah satu atap.

Teknologi e-library memberi banyak manfaat bagi dunia pendidikan yaitu:

* Efisiensi ruang perpustakaan
* Efisiensi tenaga perpustakaan
* Efisiensi birokrasi perpustakaan
* Efisiensi dalam hal multiple collection bahan pustaka
* Kecepatan layanan informasi
* Mempermudah kerjasama antar perpustakaan dalam pertukaran informasi
* Performance

Dampak dari E-library dan e-education akan mengubah system belajar dan mengajar pada satu lembaga pendidikan, secara berangsur-angsur cara-cara tradisional akan diubah menjadi gaya serba teknologi. Penugasan kepada siswa, pengiriman hasil ujian, konsultasi, bahkan komunikasi dengan orang tua akan menjadi lebih intensif. Namun pengubahan budaya ini tidak serta merta dapat dilakukan karena semua akan kembali lagi pada para operator dan kesiapan dari semua pihak.

Dari sisi kelembagaan, kemungkinan tidak menjadi masalah, karena saat ini banyak sekolah dan perguruan tinggi yang telah menerapkan teknologi internet menjadi bagian dari kegiatan belajar mengajar. Bagaimana dengan orang tua? Apakah mereka telah siap menghadapi era teknologi ini? Meskipun belum semua siap, kita mesti memulai agar tidak ketinggalan dan untuk memacu agar yang lain bisa mengikutinya.

Pada e-education, tata ruang kelas konvensional akan diubah menjadi kelas elektronik yang dilengkapi dengan berbagai sarana audio visual, berbagai peralatan multi media, e-library yang bisa menjangkau ke berbagai perpustakaan didunia, dan tentu saja dengan inter library loan yang telah tertata rapi.Dalam tatanan e-education dan e-library, secara nasional, Perpustakaan Nasional akan berfungsi sebagai deposit nasional, juga akan menjadi fasilitator dan sekaligus tempat konsultasi bagi para siswa dalam proses penelusuran informasi, sedangkan Perpustakaan Umum daerah selain menjadi fasiltator dan deposit tingkat daerah, juga menjadi referensi di daerah masing-masing.

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dan administrasi sekolah, web site lembaga pendidikan dapat menyediakan berbagai fasilitas seperti:

* Informasi tentang profil sekolahan
* Informasi pendaftaran siswa baru
* Informasi kurikulum dan perkembangan pencapaian kurikulum
* Informasi kegiatan proses belajar mengajar
* Informasi hasil belajar siswa
* Question and Answer (QA) dan konsultasi dari orang tua siswa kepada staf akademisi
* Guidant and Counseling (GC)

1. Internet Untuk layanan Publik

Internet untuk E-Government

Campur tangan teknologi dalam pemerintahan akan berdampak besar pada kwalitas dan kecepatan informasi. Rangakaian birokrasi akan dipangkas menjadi satu system informsi yang lebih sederhana dan akurat. Namun semuanya tergantung pada operator system tersebut.Jika dengan system konvensional, untuk mengetaui potensi satu daerah, data demografi, geografi, pariwisata, dll, sudah terbayang berapa instansi yang harus kita datangai hanya sekedar untuk mengetahui data tersebut, namun jika diterapkan e-government, semua bisa dilihat dengan cepat bahkan tidak ada lagi batasan waktu dan tempat.

Beberapa contoh yang bisa diterapkan dalam e-government yaitu:

* GIS (Geographical Information Sistem)
* Potensi daerah (pariwisata, pertanian, mineral, tambang, dll)
* Kartu Tanda Penduduk (KTP)
* Surat Ijin Mengemudi (SIM)
* Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB)
* Ijin Trayek
* Pemasangan Reklame Out door
* Akte Catatan Sipil
* Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
* Dll

1. Internet Sebagai Sumber Informasi

Mass Media

Float of Information atau banjir informasi adalah istilah yang muncul saat dunia masuk pada masa globalisasi. Tidak ada yang bisa membendung informasi di dunia ini. Informasi dari belahan dunia manapun dapat tersebar dengan cepat hanya dengan hitungan detik. Perang Irak, berbagai petaka di perbatasan Israel Palestina dapat kita ketahui dengan sangat cepat.Hampir semua media Massa (cetak maupun elektronik) tidak ada yang absent dalam kancah di internet. Bahkan persoalan bahasa hampir tidak ada masalah karena saat ini mulai ada situs yang bisa menterjemahkan secara langsung bahasa di Internet.

Internet Untuk Berdiskusi

Di dunia internet, kita bisa berdiskusi dengan banyak orang dari berbagai penjuru dunia, materi diskusipun beraneka ragam mulai dari urusan rumah tangga sampai politik. Untuk mengelompokkan minat para discussers, mereka membentuk kelompok diskusi yang sering disebut dengan Groups. Banyak web site yang menyediakan sarana ini, seperti yahoo groups dan groups (dikembangkan oleh komunitas netter di Indonesia).

1. Internet Untuk Kejahatan

Berbagai kelebihan internet, juga selalu ada kelemahannya. Ada kalangan masyarakat yang masih meragukan keamanan dan keabsahan data yang dipampangkan di internet. Memang argument itu masih bias diterima, karena tidak ada orang yang bias mengendalikan perkembangan informasi di internet. Semua tumbuh subur berlomba menjadi yang nomor satu. Dengan demikian dengan bebasnya orang memasang informasi di internet dan sekaligus kegiatan yang tak dapat dikendalikan termasuk kejahatan.

Kejahatan yang biasanya dilakukan di internet adalah:

Penyebaran Virus Komputer

Virus computer setiap hari bergentayangan di internet, virus ini tujuannya selalu untuk merusak data bagi pemakai yang terkena virus itu. Penyebarannya dapat melalui e-mail, transfer data, bahkan dapat menembus computer yang masuk dalam jaringan internet tanpa diketahui oleh pemiliknya.
Hacker

Hacker adalah orang yang memasuki dan merusak web site dengan cara yang tidak wajar, dengan cara merusak system keamanan web site. Aktivitas para hacker sulit dipantau oleh pemilik web site, karena dengan teknologi mereka dapat mengirim mata-mata untuk mengetaui system keamanan yang bias ditembus, kemudian mengirim virus mematikan yang langsung bias merusak data.

Perjudian

Banyak web site yang memfasilitasi perjudian, bahkan lebih canggih dengan fasilitas casino di Las Vegas.

Penipuan Gaya Internet
Jika kita membaca Koran, sering kita jumpai berita tentang ilmu gendam, hipnotis, sehingga secara tidak sadar korban menyerahkan berbagai harta miliknya, maka di internet juga ada kejahatan serupa yang didesain lebih professional dan ilmiah.

Pornografi
Kebebasan orang membuka etalase di internet, banyak disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan amoral. Ada yang sekedar memasang untuk kesenangan, ada juga untuk kepentingan bisnis.Bagaimana Mensikapi Internet?

Agar kita tetap dapat mendapatkan informasi yang tepat dan berguna, diperlukan hal-hal sebagai berikut:

Untuk tahap awal perlu pengenalan dan bimbingan tentang penggunaan internet

* Kepedulian tentang pentingnya informasi
* Fokus bidang informasi yang diminati (information awareness)
* Bagi anak-anak diperlukan bimbingan orang tua atau guru

Contoh Situs-situs pendidikan
* Hirosuki University www.hirosuki-u.ac.jp
* California Virtual University www.california.edu
* University of Houston-Victoria www.vic.uh.edu
* Universitas Indonesia http://www.ui.edu/

Contoh Situs Pasar Bursa

* Indo exchange www.indoexchange.com

Contoh situs Search engine


* www.google.com
* www.altavista.com
* www.naver.co.id

Contoh situs Media

* Harian Kompas www.kompas.com
* HU Republika www.republika.co.id
* Portal www.detik.com

Penutup
Banyak hal yang dapat diulas tentang manfaat sekaligus mudarat internet, bahkan untuk kajian ilmiah, namun perlu tahapan yang sistematis dan terencana dan tentu saja tahapan waktu yang cukup panjang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan computer. Namun dalam waktu yang sangat terbatas ini kami hanya bisa memberikan sekelumit informasi yang mudah mudahan dapat bermanfaat bagi para siswa-siswa di SMA Lazuardi.

Semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Slamet Riyanto

* Disampaikan untuk pengenalan teknologi internet di Global Islamic School-SMA Lazuardi Sawangan Depok Jawa Barat, pada tanggal 30 Maret 2004

* Referensi: Dampak Pembajakan Bagi Perekonomian Nasional, presentasi Microsoft Indonesia oleh Diana Soedardi 10 Juni 2003Page 1 of 7
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 Komentar

Posting Komentar