Dakwah di Dunia Maya, Siapa Takut

PEKALONGAN--Para peserta pelatihan 'Santri Indigo' tahap ke II angkatan ke-tiga, yang digelar di pondok pesantren (ponpes) modern Al Quran, Buaran, Kota Pekalongan, Jawa Tengah mendapatkan pelajaran berharga dari banyak nara sumber.

Pelatihan berlangsung selama dua hari tgl 27 dan 28 Januari 2010 itu menghadirkan banyak nara sumber yaitu Walikota Pekalongan, Direktu IT and Suplay PT Telkom-Indra Utoyo, Game Music Composer-Eko Ramaditya Adikara, Suaida Lubis dari Yogyakarta, dari Divisi Multimedia PT Telkom Tbk, Kuncoro Wastu Wibowo, Kepala Biro HU Republika DIY- Jawa Tengah, Indra Wisnu Wardhana, dari Republika Online Slamet RIyanto dan Mohamad Afif.

Pada sesi pertama hari ke-dua pelaksanaan pelatihan yang diusung Republika dan PT Telkom Tbk ini memang menghadirkan Rama -- panggilan akrab Eko Ramaditya Adikara-- yang dengan keterbatasan fisik (tuna netra) ternyata mampu memanfaatkan teknologi informasi (IT). "Keterbatasan fisik, bukan berarti hambatan bagi seseorang untuk menekuni dunia IT. Kuncinya adalah tekad dan kemauan keras untuk belajar," ungkap Rama di hadapan seratus peserta yang terdiri para santri dan pendampingnya, Kamis (28/1).

M Rizqon (25), salah seorang peserta dari ponpes modern Al Quran, Buaran mengakui pelatihan ini memberikan banyak pengalaman baru bagi dirinya dan seluruh peserta pelatihan. Apalagi dengan kehadiran para praktisi yang selama ini telah sukses dalam menekuni keahliannya di bidang IT. Sehingga dapat menginspirasi para peserta dalam memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi ini.

Pada hari kedua materi pelatihan difokuskan pada teori dan pembangunan web site, dengan harapan para santri dapat melakukan dakwah di dunia maya. Sehingga nantinya akan dapat berperan menjadi penetrasi informasi di internet.

Materi hari kedua didominasi oleh Slamet Riyanto yang memberikan teori tentang web dan praktek pembuatan web site oleh Mohamad Afif. Kedua pembicara dari Republika Online ini sekaligus menutup acara sampai sore hari.
Tags: , , ,

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 Komentar

Posting Komentar