Hadirkan Warnet Sehat dengan Nawala

JAKARTA--Bisnis Warung Internet (Warnet) di Indonesia khususnya di kota-kota besar masih menjanjikan. Bisnis akses ke dunia maya ini menyasar pada kalangan muda yang aktif dan haus informasi.

Namun dunia tanpa batas itu bisa menjadi petaka sekaligus manfaat bagi para pemakainya, karena dunia internet ibarat pisau bermata dua bisa untuk hal mudarat namun juga masih banyak manfaatnya. Lantas bagaimana mengantisipasinya?

Mengapa Warnet? Di Indonesia jumlah kepemilikan PC di setiap rumah belum seimbang dengan jumlah pengakses internet. Hal ini terlihat dari jumlah penetrasi PC di Indonesia yang masih kurang dari 5%.

Sedangkan jumlah pengakses internet menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mencapai angka 25 juta atau 10.4%. Dengan kata lain pengakses internet bukan mengakses dari PC pribadi namun dari tempat-tempat umum.

Keadaan ini menyebabkan peluang tumbuhnya warung internet atau Warnet di Indonesia semakin cepat. Warnet berperan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan akses internet dan berperan untuk mempersempit kesenjangan digital.

Menjamurnya bisnis Warnet menyebabkan tingginya persaingan antar Warnet, hal inilah yang mendasari Asosiasi Warung Internet (AWARI) sebagai asosiasi yang menaungi bisnis warnet di Indonesia untuk bekerjasama dengan berbagai pihak guna mendukung tumbuh kembangnya industri akses dunia maya di Indonesia.

Peluang bisnis warnet yang begitu menjanjikan harus pula didukung dengan fondasi yang baik, kata Ketua Umum AWARI, Irwin Day. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa separuh dari orang yang mengakses internet di Indonesia mengaksesnya melalui warung internet.

“Peluang bisnis warnet dapat memberikan efek yang luas bagi masyarakat. Semakin banyaknya warnet hingga ke pelosok-pelosok daerah berarti memberikan akses informasi yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia," kata dia.

"Namun harus diingat, bisnis ini harus sehat dan aman. Fondasi yang baik, sangat penting untuk menjadikan industri ini berkembang lebih cepat dan menciptakan masyarakat yang sadar informasi lebih banyak lagi,” tegasnya..

Selama ini AWARI telah memberikan sosialisasi kepada anggotaanya dengan penyebaran buku panduan membangun Warnet termasuk didalamnya langkah-langkah menjadi warnet sehat. Salah satu proyek yang diprakarsai oleh AWARI adalah Nawala Project yaitu sistem filtering internet berbasis DNS.

AWARI juga telah bekerjasama Microsoft untuk memberikan solusi teknologi yang terjangkau bagi warnet dan menyediakan berbagai teknologi untuk menciptakan warnet yang sehat dan aman.

Salah satu contoh dengan dibangunnya i-café yang merupakan salah satu dimana dimana perusahaan perangkat lunak Microsoft memberikan dukungan untuk mengembangkan bisnis warnet secara sehat melalui proses legalisasi yang dirancang khusus untuk warnet.

Kemudian dengan menjadikan warnet tempat yang aman bagi konsumen dalam mengakses informasi. Terakhir, membuat warnet sebagai lembaga usaha yang patuh terhadap kaidah hukum yang berlaku di Indonesia.

Sementara itu, Anti Suryaman Corporate Lead, PT Microsoft Indonesia menegaskan bahwa Microsoft selalu mendukung AWARI untuk memberikan solusi teknologi yang legal, up-to-date, dan aman serta dukungan program pemasaran para warnet.

Hal ini untuk membangun integritas warnet dalam program perlindungan HAKI dan menjamin keamanan konsumen sebagai pengguna jasa. yanto/itz, Tulisan ini juga dimuat di www.republika.co.id, klik disini
Tags: , ,

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 Komentar

Posting Komentar