Dakwah di Dunia Maya

Internet bukan untuk dijauhi, tapi untuk didekati.

Fakta di atas menunjukkan betapa internet itu masih didominasi oleh hal-hal yang bersifat negatif, khususnya pornografi. Sebaliknya informasi-informasi yang bersifat positif, khususnya tentang Islam, muslim maupun pesantren, masih relatif sedikit.

Ini merupakan tantangan bagi umat Islam untuk mengisi bahkan membanjiri internet dengan informasi-informasi yang positif, khususnya hal-hal yang berkait dengan Islam, muslim, pesantren, santri dan lain sebagainya.

Hal tersebut merupakan fokus perhatian Pelatihan Santri Indigo, yang diadakan di Pondok Pesantren At-Taqwa Putra, Babelan, Bekasi, Jawa Barat, 30 November-1 Desember 2009. Pelatihan yang merupakan Program CSR Telkom-Republika itu merupakan Tahap II Angkatan ke-2. Kegiatan kali ini diikuti oleh 100 santri dari 40 pondok pesantren di Bekasi dan sekitarnya. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Cabang Telkom Bekasi, Teguh, dan Pengasuh Ponpes At-Taqwa, KH ....

Ketua Pelaksana Pelatihan, Slamet Riyanto menjelaskan, Pelatihan Santri Indigo bertujuan agar para santri melek internet dan bisa berdakwah di dunia maya. "Selama ini masih banyak yang memandang internet sebagai dunia hitam. Internet jangan dijauhi. Sebaliknya, internet harus kita dekati. Internet harus kita berdayakan untuk dakwah. Istilah kerennya, ayo kita putihkan internet," paparnya.

Ia lalu menjelaskan mengapa Telkom dan Republika menggelar Pelatihan Santri Indigo. "Santri Indigo adalah santri yang berkarya dan berbudaya digital, mengedepankan mentalitas positif dalam mencipta dan berkarya, dan membina silaturahmi dengan membentuk Indonesia Digital Community," kata Slamet Riyanto.

Mengapa harus santri? Setidaknya ada tiga alasan. Pertama, santri memiliki potensi kemampuan kognitif. Kedua, santri memiliki dasar keagamaan dan akhlak yang baik. Ketiga, untuk menunjukkan bahwa santri mampu berkarya.

Lalu, mengapa harus internet? Slamet Riyanto mengemukakan tiga alasan. Pertama, sebagai penetrasi informasi yang beredar di dunia maya. Kedua, peredaran informasi di internet tidak bisa dikendalikan. Ketiga, agar santri tidak gaptek.

Dalam pelatihan selama dua hari itu para peserta mendapatkan beberapa materi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mereka, khususnya di bidang digital.

Wahyu Hidayat (Telkom Bekasi), yang membawakan materi Internet Conection, menjelaskan bahwa Internet (interconnected networking) adalah suatu jaringan antarkomputer yang saling dihubungkan. Media penghubung tersebut bisa melalui kabel, kanal satelit maupun frekuensi radio, sehingga komputer-komputer yang terhubung tersebut dapat saling berkomunikasi. "Internet mempunyai banyak manfaat, seperti informasi dan berita, bisnis, gaya hidup, ilmu, hiburan, transaksi, dan sosial," ujar Wahyu Hidayat.

APV IT Service Strategy Telkom, Saiful Hidayat mengatakan peluang pemanfaat internet sangat terbuka luas. "Secara umum, pemanfataan tersebut bisa dikelompokkan ke dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan," ujar Saiful Hidayat.

Saiful menegaskan, era digital saat ini membutuhkan budaya DIGITAL. Yakni, Dignity & Discipline (keteguhan & konsistensi karya), Innovative (inovasi tiada henti), Good governance (proses kerja yang kredibel utk kinerja lebih baik), dan Integral (holistik, interdependent, sinergi, co-evolution). Juga, Transparent (keterbukaan & sharing culture), Appreciative (saling menghargai hak karya cipta, interaktif), dan Legal (kepatuhan, be legal).

Pengamat blog, R Ajeng Nunuk Purwaningsih, yang membawakan materi Etika Ngeblog mengatakan kekuatan utama blog yaitu bisa mengungkapkan apapun sebebas-bebasnya, namun sekaligus merupakan titik terlemahnya. Karena itu penting sekali menggunakan hati nurani dan bersikap jujur. "Menuliskan sesuatu kejadian hendaknya jujur dari dalam hati , baik itu analis kejadian di sekitar kita ataupun pengalaman pribadi tergantung dari kategori apa yang hendak dituliskan . Misal menuliskan kejadian gempa di Tasikmalaya hendaknya berdasarkan fakta yang ada, kalaupun sumber berasal dari orang lain sebaiknya disebutkan sumbernya," tegas Ajeng Nunuk Purwaningsih.

Wakil Redaktur Pelaksana (Waredpel) harian Republika, Selamat Ginting, saat membawakan Materi Penulisan Populer menegaskan bahwa hal terpenting yang harus dilakukan untuk menjadi penulis adalah memulai menulis. "Ibarat naik sepeda, cara terbaik untuk belajar menulis adalah dengan melakoninya langsung. Temukan ide dan tuangkan ke dalam komputer atau kertas. Susun terlebih dahulu butir-butir kerangkanya karena--ibarat melukis di kanvas raksasa--gagasan besar selalu membutuhkan skala," tutur Selamat Ginting.

Lalu? "Jabarkan setiap butir gagasan yang sudah tersusun itu ke dalam bahasa dan data yang lebih lengkap. Jadikan awal tulisan (teras/lead) sebagai kail untuk menarik pembaca, isi dengan gagasan paling kuat dan kalimat paling menyentuh. Ikuti dengan paparan atau gagasan lain yang sifatnya lebih detail," paparnya.

Untuk menjadi penulis yang berhasil, Selamat Ginting memberikan tips: "Tulislah ide Anda secara populer, karena tak semua orang ahli seperti Anda."


Satu Hari, Satu Informasi

Direktur PT Zahir International, Muhammad Ismail Thalib punya saran jitu untuk membanjiri internet dengan informasi-informasi positif, terutama segala hal berkait keislaman. "Posting-lah satu informasi positif setiap hari," ujar Muhammad Ismail saat membawakan materi Motivasi pada Pelatihan Santri Indigo di Bekasi, Selasa (1/12).

Ia menjelaskan, saat ini di Indonesia terdapat sekitar 30 juta pengguna internet. Kalau separohnya saja, yakni 15 juta orang setiap hari mem-posting satu informasi yang positif, berarti dalam satu hari ada 15 juta informasi positif. Kalikan 30 hari dalam sebulan, jumlahnya mencapai 450 juta informasi positif. "Kalau hal ini terus-menerus dilakukan, insya Allah akan berdampak positif, yakni kita bisa turut memutihkan internet," papar Muhammad Ismail.

Ia menambahkan, sesungguhnya berdakwah lewat internet itu lebih gampang. "Dengan satu kali posting atau klik, kita bisa menyapa jutaan orang sekaligus. Dengan internet, kita dengan begitu gampang menyampaikan dakwah, dan dalam hitungan detik atau menit bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan orang. Sebab, internet itu tidak ada batasan waktu maupun batasan tempat," tuturnya.

Menurut Muhammad, media internet dapat dijadikan sebagai sistem informasi pendidikan Islam, sistem informasi kajian Islam, dan wadah untuk belajar Islam secara online. Karena itu, dia mengajak seluruh santri peserta Santri Indigo maupun santri-santri lainnya di seluruh Indonesia untuk menjadikan internet sebagai media dakwah. "Mari kita jadikan internet sebagai ladang pahala. Mulai hari ini, ayo kita posting hal-hal yang baik melalui internet," kata Muhammad Ismail Thalib. irwan kelana. Sumber www.republika.co.id
Tags: , ,

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 Komentar

Posting Komentar